Tingkatkan Kualitas SDM Mahasiswa dan Alumni, Rektor Unsultra Teken MoU dengan BLK Kendari dan Kapten Indonesia

  • Bagikan

Ditempat yang sama, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu menuturkan jika kerja sama yang terbangun antara pihaknya dengan Unsultra yaitu tentang pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Sultra.

“Kami merupakan lembaga yang sama-sama memiliki tugas dalam peningkatan SDM, namun cara dan metode yang kami gunakan berbeda. Tetapi jika dipadukan maka dapat menciptakan angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing tinggi,”tuturnya.

Ia menjelaskan, dalam menghadapi bonus demografi seperti yang disebutkan Rektor Unsultra, setiap generasi muda harus minimal memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan, dimana dua hal itu bisa diperoleh di kampus dan BLK Kendari yang merupakan lembaga pelatihan perpanjangan tangan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI).

“Bonus demografi merupakan sebuah ledakan lapangan kerja yang memiliki manfaat, namun juga bisa menjadi bencana, ibarat pisau bermata dua. Hal itu dikarenakan, tingginya daya saing dalam mendapatkan kerja, dimana penentunya ada pada tingkat kemampuan dalam menguasai keterampilan serta pengetahuan,” bebernya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI ini, menambahkan, bahwa sejauh ini dalam mewujudkan sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Sultra, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan tiga kampus yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

  • Bagikan