Tegas! Instruksi Kapolri ke Kapolda dan Kapolres Soal Minyak Goreng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sulitnya minyak goreng di pasaran membuat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun tangan.

Saat menggelar video conference bersama Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dengan seluruh Kapolda dan Kapolres, Sigit meminta jajaran di daerah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di pasaran. Baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

Dalam video conference itu, Kapolri Sigit dan Mendag Lutfi memberikan pengarahan terkait ketersediaan hingga pendistribusian minyak goreng.

“Yang paling penting harus dipastikan oleh rekan-rekan. Mulai hari ini, besok sampai dengan minggu depan minyak goreng harus ada di lapangan. Baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Tolong betul-betul diawasi,” kata Sigit dalam video conference yang digelar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (14/3).

Menurut Sigit, berdasarkan data yang dipaparkan oleh Mendag Lutfi, stok kebutuhan minyak goreng untuk dalam negeri dalam keadaan aman.

Demi tetap memastikan terjaminnya ketersediaan minyak goreng dalam negeri, Sigit meminta kepada seluruh Kapolda dan Kapolres jajaran untuk mencegah terjadinya potensi-potensi pelanggaran yang dilakukan oleh berbagai pihak.

“Indikasi pelanggaran terkait apakah sudah disalurkan ke produsen atau hanya sekedar dokumennya saja. Tolong dipastikan untuk dipantau. Kita memastikan produsen minyak goreng sudah produksi sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat” ujar Sigit.

Potensi pelanggaran lain, indikasi pelanggaran aliran minyak sawit mentah atau CPO yang seharusnya disalurkan untuk kebutuhan rumah tangga namun digeser ke pasar industri. Itu memungkinkan terjadi karena adanya selisih harga yang cukup tinggi.

  • Bagikan