Kawasan Industri di Kecamatan Routa Tingkatkan Investasi hingga RP 58 Triliun

  • Bagikan
Ilustrasi kawasan industri

FAJAR.CO.ID, KONAWE — Investasi di Konawe tahun 2022 bakal menggeliat dengan masuknya suntikan modal pembangunan kompleks industri di Kecamatan Routa sebesar Rp 58 triliun.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konawe optimis hadirnya kawasan industri baru tersebut akan meningkatkan realisasi investasi Konawe tahun ini.

Kepala DPM-PTSP Konawe, Burhan mengaatakan, tahun 2021 lalu, Konawe menjadi daerah tertinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pencapaian realisasi investasi, yakni sebanyak Rp 20,056 Triliun. Padahal, target awal tahun hanya Rp 6 triliun.

Untuk tahun 2022, berdasarkan rencana kerja jangka menengah daerah (RPJMD), target investasi Konawe Rp 8 triliun.

“Dan ini bisa seperti tahun lalu. Yang mulanya ditargetkan Rp 6 triliun, namun pencapaiannya suplus hingga Rp 20 triliun. Salah satu sektor yang sangat berkontribusi dalam investasi ini ada di daerah pertambangan Morosi,” ujar Burhan, kemarin.

Dirinya menuturkan, Konawe saat ini menyiapkan satu kawasan industri baru di Routa. Di wilayah paling barat Konawe itu, luas kawasan konsesinya mencapai 3.800 hektare dan berada diatas wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Sulawesi Cahaya Mineral (SCM).

Pada kawasan itu, lanjut Burhan, akan dilakukan pembangunan smelter pengolahan bijih nikel berteknologi hidrolik.

“Di kawasan itu juga akan dirancang pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas yang cukup besar. Semua ini kita harapkan akan mendukung dan menambah nilai investasi Konawe kedepan,” yakinnya. (kendaripos/fajar)

  • Bagikan