Manfaat Cuti dan Aplikasi Cuti Online yang Perlu Anda Tahu!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Apa saja manfaat cuti yang Anda ketahui sejauh ini? Bagi seorang karyawan, jatah cuti atau waktu akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk berlibur saja. Hal ini bisa berdampak lebih positif terhadap karir kerja di masa depan. Adanya beban kerja yang berat bisa memicu kelelahan psikologis maupun fisik. Tidak mengherankan jika karyawan yang mengambil pelarian mereka dengan cara pergi ke bioskop ataupun karaoke. Hanya sekadar untuk mencari hiburan selain kesibukan pekerjaannya di kantor.

Selain berencana untuk mencari hiburan singkat, kemungkinan besar karyawan juga membutuhkan sesuatu yang lebih, misalnya istirahat total dari rutinitas sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menyegarkan pikiran saja. Adapun memang sudah terdapat enam manfaat berkaitan dengan cuti ini yang tentunya dapat dirasakan apabila melakukannya dengan rutin berlibur pada jangka waktu tertentu.

Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja Meningkat

Perlu diketahui bekerja di luar jam kerja atau lembur bukan sebuah cara yang tergolong efektif yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas atau kinerja karyawan. Sebagai salah satu fakta ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa berlibur membuat seseorang menjadi lebih produktif atau rajin lagi dalam bekerja. Pada sebuah penelitian juga menunjukkan bahwasannya ada sekitar 10 partisipan yang sadar jika aktivitas berlibur tersebut teramat penting bagi kondisi kesehatan mentalnya.

Di samping itu juga memang sudah ada sekitar 40 persen partisipan yang mengatakan jika mereka akan jauh lebih fokus lagi jika setelah pulang berlibur. Sementara jumlah tiga per empat yang lainnya mengatakan bahwasannya liburan bisa menumbuhkan energi sehingga membuat kondisi bekerjanya lebih baik lagi. Hak inilah yang nantinya akan lebih menguntungkan bagi Anda sendiri karena bisa menjadi penilaian positif perusahaan. Jika Anda ingin berlibur untuk menghilangkan penat sebentar, Anda bisa mengajukan cuti dengan aplikasi cuti online dari Talenta.

  • Bagikan