Kapolri Pastikan Polisi Beri Layanan Maksimal pada Puncak Arus Balik

  • Bagikan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung situasi terkini arus balik Lebaran 2022.

Itu dilakukan untuk memastikan upaya rekayasa lalu lintas mengurai kepadatan menuju Jakarta berjalan dengan lancar. Kapolri mengecek kesiapan itu dari Pos Pengamanan Halim Km 3+500, Jumat (6/5).

Sigit mengecek rekayasa lalu lintas skema one Way dalam menghadapi arus balik yang telah diterapkan sejak pukul 14.00 WIB.

One way itu dilakukan mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 47 Tol Cikampek, lalu dilanjutkan dengan Contraflow hingga KM 28.

“Dari proses perjalanan one way yang dilaksanakan mulai dari jam 14.00 WIB, kita lihat kepala one way sudah masuk di KM70 sekitar tiga sampai empat jam,” kata Sigit usai melakukan peninjauan.

Sigit menjelaskan, rekayasa lalu lintas one way sudah diterapkan sejak pukul 14.00 WIB hari ini. Keputusan diambil lantaran dari parameter volume kendaraan sudah mengalami peningkatan signifikan per jamnya. Sehingga kepolisian bersama stakeholder terkait lainnya memutuskan untuk menerapkan strategi rekayasa lalu lintas demi mengurai kepadatan arus balik.

“Kita lihat bahwa seluruh perjalanan lancar. Dan kenapa dari pukul 14.00 WIB, itu berdasar dari parameter atau indikator yang ada. Angka kepadatan sudah mulai meningkat diatas 3.700 kendaraan per jam. Bahkan terdapat data dalam waktu dua jam sampai di atas angka 5.000 kendaraan,” ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Meskipun peningkatan volume kendaraan saat arus balik diprediksi terus menjngkat, Sigit memastikan bahwa seluruh personel kepolisian telah diminta untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.

  • Bagikan