Pemkot dan BPN Kendari Bentuk Tim Gabungan Pembebasan Lahan Kawasan Industri, Ini Tujuannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari gelar rapat Persiapan Pembebasan Lahan untuk kepentingan Pembangunan Kawasan Industri Kendari (KIK) yang dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, Kamis (19/5).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Kendari dan dihadiri pihak terkait lainnya dan hasilnya membentuk Tim Gabungan Pembebasan Lahan Kawasan Industri Kendari (KIK).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam wawancara bersama awak media usai melantik Pejabat (Pj) Sekda Kota Kendari di Aula Rujab Wali Kota mengatakan bahwa rapat ini dalam rangka membentuk tim gabungan pembebasan lahan untuk memastikan hak-hak masyarakat terpenuhi dan tidak menyisakan problem hukum didalamnya.

“Sebenarnya kan prosesnya sudah jalan, hanya saja, karena ini, kita inginkan jangan sampai hak-hak masyarakat itu tidak terpenuhi dan kemudian kita juga tidak ingin menyisakan problem hukum didalamnya, oleh karena itu tadi, kita membentuk tim gabungan antara Pemerintah Kota Kendari dengan Badan Pertanahan Kendari (BPN) Kendari dan juga pihak yang akan mengelola nanti Kawasan Industri itu, sehingga bisa tadi itu, mengeliminir bahkan sebisa mungkin menuntaskan hal-hal yang memungkinkan untuk kemudian terjadinya masalah-masalah di kemudian hari,”ungkapnya.

Lanjutnya, kita juga tidak ingin, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain, belum tuntas lahannya kemudian nanti menyisakan masalah.

“Pelaksanaannya ini sudah mulai dari sebelumnya dari pihak perusahaan dalam hal ini Kendari Kawasan Industri itu sudah melakukan penjajakan, bahkan ada yang sudah dibayar sebagian, bahkan ada yang sudah berpanjar dan seterusnya, itu laporannya tadi,”bebernya.

  • Bagikan