Dipecat IDI, Dokter Terawan Bertekad untuk Besarkan Nama PDSI

  • Bagikan
Terawan Agus Putranto. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, bergabung ke Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI). Keputusan itu diambil setelah Terawan menerima surat pemberhentian keanggotaan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Anggota tim komunikasi Terawan, Andi, menuturkan, Terawan telah menerima surat pemecatan dari IDI namun ia tak menjelaskan kapan persisnya surat tersebut diterima.

Selanjutnya demi kepentingan kemanusiaan Terawan akan turut membesarkan PDSI.

“Saya akan ikut membangun PDSI karena saya sudah tidak ada tempat untuk berteduh lagi. Talenta yang diberikan Tuhan kepada kita harus bermanfaat untuk menolong masyarakat” ujar Terawan, dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

Menurut Andi, Terawan tidak akan merespons pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Adib Khumaidi, bahwa IDI tak akan menolak apabila purnawirawan Jenderal TNI bintang tiga itu kembali bergabung.

“Atas nama kemanusiaan Pak Terawan sudah bertekad ingin membesarkan PDSI,” katanya.

PDSI diketuai oleh mantan staf khusus Terawan, Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto. Jajang mendeklarasikan berdirinya PDSI pada 27 April 2022 lalu.

PDSI telah mendapat pengakuan dari Pemerintah dengan terbitnya SK Kemenkumham dengan nomor AHU 003630.AH. 01.07.2022. Statusnya sebagai organisasi kemasyarakatan.

Terawan menegaskan, meski telah pindah ke “rumah baru” dirinya tetap respek dan hormat pada rekan – rekan dokter yang bernaung di IDI.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada rekan sejawat. Sekian lama saya bergabung di IDI dan mendapat banyak pelajaran berharga,” ujar Andi menirukan ucapan Terawan. (riki/fajar)

  • Bagikan