Bupati Buton Lepas Ratusan Peserta Tapak Tilas Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, – Bupati Buton, La Bakry resmi melepas ratusan peserta Tapak Tilas Oputa Yi Koo 2022 menuju Puncak Gunung Siotapina, di Lapangan Banabungi Pasarwajo, Selasa (24/5) pagi.

Turut hadir mendampingi Bupati Buton yakni Wakil Bupati Buton, Iis Elianti dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Buton.

Diketahui, peserta lomba tapak tilas Oputa Yi Koo berjumlah 152 tim atau sebanyak 760 orang. Berasal dari kalangan pelajar SMA, SMK seluruh Indonesia. Peserta menempuh jarak sekitar 85 kilometer. Dalam perjalanan, akan melewati 9 pos dan para peserta singgah di pos untuk mengisi kuis yang berhubungan dengan sejarah perjuangan Oputa Yi Koo alias La Karambau.

Sebelum melepas peserta, Bupati Buton, La Bakry menjelaskan Tapak Tilas Oputa Yi Koo ini pertama kalinya dilaksanakan untuk mengenang pahlawan Oputa Yi Koo dari Kesultanan Buton. Melalui kegiatan ini generasi muda atau anak-anak negeri dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan Oputa Yi Koo.

“Bukan saja hari ini tapi juga masa yang akan datang dengan harapan masyarakat Buton dan Sulawesi tenggara bisa melihat lagi kebelakang tentang nilai-nilai kepahlawanan Oputa Yi Koo dengan berbagai macam kesulitan yang dialami beliau dengan sifat gigih, patriotisme bersama pasukannya bersama untuk melawan atas beberapa perlakuan, kezaliman kompeni Belanda,” katanya.

Ia berharap melalui momen ini juga bisa menambah pengetahuan terutama generasi muda. “Harapan peserta yang hadir hari ini selama kegiatan menjaga kekompakan karena ini tidak mudah tantangan berat perjalan cukup jauh sekitar 85 kilometer dan paling rawan menuju kepuncak gunung. Meskipun ada yang dikejar seperti hadiah tapi nilai perjuangan harus diwarisi,” pesannya.

  • Bagikan