Tari Lumense, Tarian Asal Bombana Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2022

  • Bagikan
Tari Lumense

FAJAR.CO.ID, BOMBANA -Kabupaten Bombana kembali menjadi peserta Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022. Daerah yang dinakhodai Tafdil itu menjadi peserta kategori atraksi budaya, dengan terpilihnya tari lumense.

Tari itu menjadi satu-satunya tarian yang mewakili Sultra di API 2022. Tari Lumense adalah salah satu tradisi masyarakat Tokotu’a atau Kabaena, Kabupaten Bombana. Kata lumense berasal dari bahasa daerah setempat yakni “lumee” yang berarti mengais dan e’ense yang berarti loncat.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anissa Sri Prihatin. Katanya, lumense bisa diartikan mengais dengan meloncat-loncat.

Terpilihnya tari Lumense sebagai nominasi API Award 2022, tentu kebanggaan bagi Bombana. Pasalnya, dalam ajang ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan tarian Lumense ini ke kancah nasional.

Untuk itu, pihaknya meminta seluruh masyarakat Sultra untuk memberi dukunganya. “Mari beri dukung dengan cara like, comment dan share video Tari Lumense di channel Youtube API award kepada seluruh keluarga atau kerabat lainnya,” harapnya.

Dukungan juga bisa diberikan melalui pesan singkat dengan cara ketik: API 13J kirim ke 99386. Voting bakal dimulai pada 1 Juni hingga 31 Oktober 2022 mendatang, dengan menggunakan saluran seperti short message service (SMS), video YouTube API Award, feed Instagram, serta Facebook.

Dalam kategori atraksi budaya, Tri Lumense harus bersaing dengan sejumlah nominasi lainnya seperti, Trian Silek Padang Pajang yang berasal dari daerah Solok Selatan, Joget Sinde dari daerah Kepulauan Meranti hingga Lukah Gile yang berasal dar Sarilangun.(Kendaripos/fajar)

  • Bagikan