Tidak Ingin Musibah Kebakaran Terulang Lagi, Wali Kota Kendari Siapkan Opsi Tempat Tinggal Permanen Bagi Korban Kebakaran di TPA Puuwatu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pasca kebakaran di Perumahan Kampung Mandiri Energi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Puuwatu, Kecamatan Puuwatu beberapa waktu yang lalu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan sedang menyiapkan solusi permanen terkait tempat tinggal bagi korban kebakaran tersebut.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat diwawancara oleh awak media saat kegiatan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran tersebut, Senin (13/6).

“Kan kita sedang coba buat usulannya, untuk sebagai solusi permanen, karena kalau ini (tenda darurat) kan sifatnya darurat saja, mudah-mudahan tidak terlalu lama, kita masih sementara mengkalkulasi yang tepat apa, karena kan ada beberapa pilihan, apakah rumah susun (Rusun), ataukah rumah khusus seperti yang ada di Purirano, ataukah nanti bentuknya yang lain,”ungkapnya.

Lanjutnya, yang jelas, kita ingin kedepan ini permanen, tidak lagi seperti yang sebelumnya, karena kalau sebelumnya rawan, ini bisa terulang lagi musibahnya.

“Bayangkan, dalam waktu sekejap 26 rumah terbakar seketika, tentu ini, apa ya, sesuatu yang harus bisa kita antisipasi kedepan, dan sebisa mungkin tidak terulang. Nah, makanya salah satu yang sekarang jadi opsi kita, yaitu kita usahakan permanen,”ujarnya.

Kata Wali Kita Kendari, apakah nanti bentuknya rusun ataukah nanti bentuknya rumah khusus, dan sementara kita koordinasikan dengan pihak Kementerian.

“Dan mudah-mudahan ini bisa cepat terealisasi, termasuk kita sudah cek juga lahannya ini juga sudah clear, ya mudah-mudahan itu bisa menjadi pertimbangan dari Kementerian,”imbuhnya.

  • Bagikan