Mengenal Absensi Mobile untuk Kelola Kehadiran Lebih Mudah dan Praktis

  • Bagikan

Terlebih lagi saat ini banyak banyak perusahaan mulai menerapkan sistem kerja hybrid atau bahkan kerja remote sepenuhnya dari mana saja. Sehingga absensi dengan sistem online akan sangat membantu.

Bagaimana Cara Menggunakan Absensi Mobile?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, absensi mobile dipilih karena kemudahan penggunaannya. Pertama, karyawan harus mengunduh aplikasi absensi yang digunakan di perusahaan karyawan, kemudian login dengan username dan password yang sudah ditentukan.

Jika sudah berhasil login, maka karyawan dapat langsung mencatatkan kehadiran dengan mengklik tombol clock in. Biasanya, aplikasi ini akan menampilkan halaman selfie di mana karyawan dapat berswa foto untuk mencatatkan kehadiran mereka. Setelah itu, klik simpan maka absensi karyawan sudah berhasil dilakukan.

Sebelum pulang, karyawan juga perlu melakukan hal yang sama, namun tombol yang dipilih adalah clock out.

Nantinya, data kehadiran berupa jam clock in dan clock out serta lokasi karyawan bekerja akan masuk ke dalam sistem. Data tersebut akan terlihat pada dashboard sistem kehadiran yang dikelola HRD.

Dengan kemudahan ini, absensi mobile sangat cocok digunakan di berbagai jenis perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut menerapkan sistem work from home (WFH), seperti di era pandemi saat ini. Kondisi ini menyebabkan para karyawan tidak perlu lagi untuk datang ke kantor melakukan absensi, mereka cukup melakukan absensi melalui smartphone masing-masing.

Manfaat Menggunakan Absensi Mobile

Secara umum, absensi mobile memiliki manfaat yang sama dengan jenis absen lainnya, yakni memberikan laporan kehadiran karyawan setiap harinya.

  • Bagikan