Mengenal Absensi Mobile untuk Kelola Kehadiran Lebih Mudah dan Praktis

  • Bagikan
  1. Meminimalisir Kecurangan dan Sulit Dimanipulasi

Umumnya, absen manual menggunakan tanda tangan sebagai tanda hadir. Nah, sistem yang seperti ini kadang kala menimbulkan kecurangan dengan melakukan pemalsuan tanda tangan rekannya. Tak hanya itu saja, manipulasi data juga rawan terjadi dengan absen sistem manual.

Dengan sistem absensi mobile, Anda tidak dapat melakukan kecurangan sebab setiap orang diberikan username dan password yang hanya bisa diakses oleh masing-masing pemilik akun. Malahan ada juga yang menerapkan sistem face recognition. Absensi mobile juga menggunakan sistem penyimpanan cloud yang tentunya aman dan tidak dapat dimanipulasi.

  1. Selalu Update dan Kinerja secara Realtime

Pihak HRD tidak perlu lagi kewalahan untuk memantau kehadiran dan kinerja karyawan. Hal ini karena absensi mobile terintegrasi dengan sistem yang dapat dicek kapan pun dan di mana pun selama terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, sinkronisasi juga lebih mudah dan lebih cepat

  1. Hemat Biaya

Selain itu, kelebihan lainnya adalah pemasangan aplikasi absen bisa dilakukan di masing-masing ponsel milik karyawan. Hal ini tentu membuat penggunaan absensi online bisa lebih hemat karena perusahaan tidak membutuhkan perangkat keras seperti mesin fingerprint. Padahal, perusahaan pada umumnya akan membutuhkan biaya tambahan untuk pemeliharaan mesin fingerprint.

Absensi Online dengan Google Form

Salah satu cara membuat absensi mobile adalah dengan Google Form. Fitur ini akan membantu HRD dalam mendata kehadiran karyawan meski sedang dalam perjalanan dinas ataupun WFH sekalipun.

Salah satu keuntungan menggunakan Google Form adalah dapat digunakan secara gratis. Selain itu, link absensi mudah disebarkan dan hasilnya bisa dimasukkan ke Google Sheets sehingga bisa diunduh dan diolah secara lebih sederhana.

  • Bagikan