Bawa Misi Perdamaian ke Ukraina, Jokowi Naik Kereta hingga 12 Jam

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KIEV– Presiden Jokowi menjadi kepala negara keenam yang mengunjungi Ukraina selama perang berlangsung. Butuh waktu 12 jam menempuh jarak dari Polandia ke Kiev.

Presiden Jokowi bersama istri, Iriana Jokowi, dan rombongan terbatas, telah berangkat menuju Ukraina dari Polandia menggunakan kereta api (KA) pada Selasa (28/6) malam waktu setempat.

Jokowi berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl pada pukul 21.15 waktu setempat.

Memakan waktu 12 jam perjalanan, Jokowi diperkirakan tiba pada Rabu (29/6) sekitar pukul 09.15 waktu setempat.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan,” kata Jokowi di akun media sosialnya.

Dengan kedatangan presiden ke Ukraina ini, Jokowi menjadi kepala negara keenam yang berkunjung ke negara yang sedang dilanda perang tersebut.

Tercatat, sejumlah pemimpin dunia telah berkunjung ke Ukraina saat perang Ukraina-Rusia, seperti Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, PM Italia Mario Draghi, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan PM Kanada Justin Trudeau.

Menurut keterangan Sekretariat Kabinet, Jokowi pergi menggunakan Kereta Luar Biasa yang telah disiapkan oleh pemerintah Ukraina.

Kereta serupa juga digunakan oleh sejumlah pemimpin negara yang sudah berkunjung ke negeri yang sedang berperang itu.

Tampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ikut menaiki kereta yang sama.

Jokowi dan rombongan sendiri tiba di Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia pada Selasa pukul 11.50 waktu setempat, setelah terbang dari Munich, Jerman.

  • Bagikan