60 Hari Tim KKN UGM Belajar Tentang Masyarakat Adat di Muna

  • Bagikan

FAJAR.CO ID, MUNA – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tiba di Desa Latompa, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (27/6).

Tim KKN Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UGM Unit 2022­ SG001 tersebut akan melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Latompa dengan mengusung tema, “Pemajuan Kebudayaan: Pemberdayaan Warga berbasis Adat untuk Peneguhan Kohesi Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Desa Latompa, Kecamatan Maligano, Provinsi Sultra.

Pelaksanaan KKN ini merupakan kolaborasi antara Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Universitas Gadjah Mada dan Pemerintah Kabupaten Muna.

“Sejalan dengan semangat “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada ingin menumbuhkan kesadaran dan membangun keberpihakan generasi muda terhadap masyarakat adat. Oleh karena itu, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat melibatkan kampus dan mahasiswa untuk turut ambil bagian dalam pemberdayaan masyarakat adat melalui program KKN Tematik,” ungkap Ratna Yunnarsih, Pamong Budaya Ahli Madya Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat dalam rilisnya kepada Fajar.co.id, Sabtu (2/7).

Proses penyambutan sekaligus penyerahan tim KKN oleh pihak UGM dilaksanakan di Balai Desa Latompa, dihadiri oleh perwakilan Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Pemerintah Kabupaten Muna, dan masyarakat Desa Latompa.

  • Bagikan