Skandal Pelecehan Seksual Terbongkar, Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan Undur Diri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LONDON – Dua menteri pemerintahan Inggris, yakni Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid mengundurkan diri setelah selama berbulan-bulan kepemimpinan Perdana Menteri Boris Johnson didera skandal.

Kedua Menteri itu mengajukan pengunduran diri pada Selasa 4 Juli 2022 dalam waktu yang bersamaan.

Pengunduran diri oleh dua menteri itu terjadi setelah adanya pelanggaran pelecehan seksual oleh seorang anggota senior di pemerintahan.

“Dengan sangat menyesal saya harus memberi tahu Anda bahwa saya tidak bisa lagi, dengan hati nurani yang baik, terus melayani di pemerintahan ini. Saya secara naluriah seorang pemain tim tetapi orang-orang Inggris juga mengharapkan integritas dari pemerintah mereka,” kata Menteri Kesehatan Sajid Javid dikutip Arab News, Rabu 6 Juli 2022.

Sementara Menteri Keuangan Rishi Sunak mengatakan rakyat Inggris sudah sepatutnya mengharapkan pemerintah dilakukan dengan baik, kompeten dan serius.

“Saya menyadari ini mungkin pekerjaan menteri terakhir saya, tetapi saya percaya standar ini layak diperjuangkan dan itulah sebabnya saya mengundurkan diri,” katanya.

Dengan keluar keduanya dari pemerintahan, merupakan pukulan besar bagi perdana Menteri Boris Johnson

Sebab kedua menteri bertanggung jawab atas dua masalah terbesar yang dihadapi Inggris saat ini yakni krisis biaya hidup dan akibat pandemi virus corona.

Adapun Baris Johnson dianggap gagal berterus terang tentang seorang anggota parlemen yang diangkat ke posisi senior meskipun ada klaim pelanggaran seksual.

  • Bagikan