Jalan Kendari-Toronipa Rampung Bulan Depan

  • Bagikan
Jalan Wisata Kendari-Toronipa ditargetkan akan rampung pada agustus mendatang

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Jalur Kendari-Toronipa bakal segera difungsikan. Per 12 Juli 2022, progres pengerjaan jalan wisata sepanjang 14 kilometer (km) ini telah mencapai 95 persen. Ditargetkan, mega proyek yang digagas Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) ini rampung Agustus mendatang.

“Jalan wisata sudah di atas 95 persen. Kita lagi kebut bisa rampung pada bulan Agustus 2022 sesuai perpanjangan kontrak kemarin,” ungkap Burhanuddin Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Sultra, Selasa (12/7).

Dua dari tiga jembatan yang dikerja kata mantan Pj Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), telah tuntas. Sementara satu lainnya tengah proses perampungan.

“Tinggal sekitar 1/4 (jembatan) lagi yang mau dikerja. Tapi untuk semua bahan bakunya sudah siap, tinggal pengecoran lantai sekitar 30 meter. Saat ini, belum dicor lantaran cuaca tak mendukung. Kita tak bisa cor kalau hujan begini,” jelasnya.

Seyogyanya, jalan wisata Kendari-Toronipa bisa dituntaskan lebih cepat. Namun karena suplai material seperti semen yang terkendala sehingga pengerjaannya sedikit molor termasuk faktor cuaca.

“Semennya kita datangkan langsung dari pabriknya di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tapi target akhir kan nanti Agustus. Jadi, kita masih punya waktu untuk merampungkan,” katanya.

Saat ini, pihaknya terus mengebut pengerjaan jalan wisata Kendari-Ttoronipa agar sudah bisa difungsikan Agustus mendatang. “Kalau penanaman pohon dan marka jalan akan disesuaikan manakala kontruksi jembatan sudah rampung 100 persen,” tambahnya.(kendaripos/fajar)

  • Bagikan