Asrun Lio Terima Peta Laut Sultra dari Asopssurta Danpushidrosal TNI AL

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Mewakili Gubernur, Pj Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara menerima secara langsung kunjungan Asisten Operasi Survei dan Pemetaan (Asopssurta) Komandan Pusat Hidro Osenografi (Danpushidrosal), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dyan Primana Sobaruddin di Kendari, Jumat (22/7).

Dalam kunjungan tersebut, Pj Sekda Provinsi Sultra menerima peta laut yang diserahkan oleh Asopssurta Danpushidrosal, yang didampingi oleh Paban Latkol Pelaut, Priyono Dwi Saputro, Danlanal Kendari, Kolonel (P) Iwan Iskandar, dan Dan Unit Survei, Mayor Laut (P) Amiranto.

Melihat hasil peta laut Provinsi Sultra, Asrun Lio mengungkapkan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Pushidrosal, karena terus berkarya dan berkontribusi nyata dalam bidang Hidrografi nasional bahkan hingga ke daerah termasuk Provinsi Sultra.

“Peta laut wilayah Sultra yang diserahkan ini sangat dibutuhkan, mengingat sebagian wilayah kita berupa kepulauan dan laut sebagai penghubungnya. Terlebih, peta laut ini sangat berbeda dengan peta darat karena terdapat kekhususan yang harus dituangkatkan ke dalam gambar. Jika tidak, maka bisa berbahaya terhadap perencanaan pembangunan yang akan dilakukan di wilayah kelautan di Sultra, termasuk juga bisa berbahaya bagi para pelayar kita, mengingat peta ini sebagai petunjuk,”ucapnya.

Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini mengatakan, terkait kegiatan pembangunan yang dilakukan Provinsi Sultra, khususnya berkaitan dengan wilayah kelautan, Pemprov Sultra melalui Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, tetap mengutamakan koordinasi dan melibatkan pihak berkompeten, misalnya pembangunan Jalan Kendari-Toronipa mendapatkan bantuan analisa dari pihak Lanal Kendari, termasuk harus mendapatkan izin karena pembangunan jalan tersebut melintasi wilayah pangkalan Lanal Kendari.

  • Bagikan