Dorong Pengembangan Ekonomi Desa, DPMD Konsel Salurkan Mobil BUMDes

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN — Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diharap mampu menjadi motor penggerak roda perekonomian.

Dalam penerapannya, Pemerintah Desa (pemdes) menerapkan konsep ekonomi kerakyatan, melalui keterlibatan masyarakat setempat.

“BUMDes harus bisa menjadi solusi kebangkitan ekonomi desa. Makanya, dalam menentukan usaha BUMDes, harus disesuaikan dengan potensi desa masing-masing dan juga jeli melihat peluang,” kata Kepala DPMD Konsel, Annas Mas’ud, usai menyerahkan mobil pickup secara simbolis ke BUMDes Mandiri Sejahtera Desa Pangan Jaya, Kecamatan Lainea, kemarin.

Ia mengatakan pengadaan mobil itu untuk menunjang usaha penyewaan tenda dan kursi yang selama ini sudah dijalankan.

“Dengan adanya mobil operasional itu, dapat memudahkan usaha penyewaan tenda dan mengurangi pengeluaran biaya sewa mobil setiap ada pemesanan tenda seperti tahun sebelumnya,” ujarnya.

Annas mengungkapkan, bagi Pemdes yang belum mengaktifkan BUMDes, diharapkan dapat meniru badan usaha yang sudah beroperasi. Terutama dari sisi pengelolaan dan mekanisme penyertaan modal.

“Agar semua pengelola BUMDes lebih kreatif mencari atau mengusahakan unit usaha yang dapat memberikan keuntungan dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat desa,” pungkasnya. (kendaripos/fajar)

  • Bagikan