Jokowi Kenakan Dolomani dari Buton pada Upacara HUT RI ke-77, Ali Mazi: Terima Kasih Pak Presiden

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi SH mengungkapkan rasa gembira dan bangga atas berkenanannya orang nomor satu di republik ini, Presiden RI, Ir H Joko Widodo untuk mengenakan salah satu pakaian adat kebesaran dari Bumi Anoa, tepatnya Kabupaten Buton yang bernama Dolomani, pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 RI Tahun 2022, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

“Terimakasih dan penghargaan tinggi kepada Bapak Presiden karena telah berkenan mengenakan Dolomani yang merupakan salah satu pakaian adat kebesaran dari Provinsi Sultra. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami masyarakat Sultra, karena adat kebudayaan daerah turut diperkenalkan ke tingkat nasional dan langsung oleh orang nomor satu di negara ini. Sebagai masyarakat Sultra, tentu momentum ini kian mempertebal kecintaan terhadap adat budaya yang ada di daerah, agar terus dilestarikan, dijaga, dan ditumbuh kembangkan demi warisan kepada generasi pelanjut,” turur Ali Mazi.

Orang nomor satu di Provinsi Sultra yang juga mengenakan Dolomani saat upacara peringatan HUT RI di Sultra dirangkaian pemberian remisi kepada warga binaan Lapas se Sultra ini mengungkapkan, pakaian adat Dolomani yang dikenakan oleh Presiden RI, memiliki makna dan filosofi sangat dalam, yang dalam penggunaannya juga tetap memiliki tata cara tersendiri.


Dolomani merupakan nama dari pakaian Sultan Buton yang terdiri dari baju, celana, sarung, dan
kopiah. Dalam mengenakan pakaian ini dilengkapi dengan kotango atau baju dalaman, sulepe atau dikenal dengan sebutan ikat
pinggang, terdapat juga ewanga yakni keris atau badik, termasuk katuko atau tongkat,”jelasnya.

  • Bagikan