Mengenal Apa itu Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Aktivitas dan Jenis-Jenisnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Akuntansi merupakan salah satu bidang yang dibutuhkan di manapun. Apalagi ketika berbicara mengenai bisnis, bidang akuntansi sangat dibutuhkan. Bidang tersebut memang merupakan tumpuan dalam mengelola kondisi keuangan sebuah bisnis. Bidang akuntansi digunakan untuk menjaga kesehatan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Baik perusahaan besar maupun kecil, akuntansi mutlak dibutuhkan. 

Untuk memahami lebih jauh mengenai bidang akuntansi, Anda perlu mempelajari fungsi, tujuan, aktivitas, dan juga jenis-jenis akuntansi yang kerap digunakan oleh masyarakat. Akuntansi sendiri merupakan sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklarifikasi, mengolah, serta menyajikan data yang terkait dengan keuangan atau transaksi. Setiap perusahaan membutuhkan akuntansi untuk mengelola bisnis yang dijalankan. 

Dengan adanya akuntansi, para pemilik bisnis bisa lebih mudah dalam mengetahui kondisi perusahaannya sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat untuk perusahaannya. 

Fungsi Akuntansi 

Akuntansi sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Dengan akuntansi, perusahaan akan mendapatkan dua macam informasi penting terkait bisnis yang dijalankannya, yakni informasi tentang nilai perusahaan dan juga informasi mengenai laba/rugi perusahaan. Berkat adanya dua informasi tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat terkait kondisi keuangan perusahaan saat ini. 

Proses akuntansi juga bisa digunakan sebagai dasar perhitungan pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan. Dengan adanya proses akuntansi, perusahaan juga dapat memberikan penjelasan secara detail kepada pihak bank maupun investor tentang kondisi perusahaan saat ini ketika sewaktu-waktu Anda memerlukan pinjaman modal usaha. 

  • Bagikan