Software Attendance Management Solusi untuk Atasi Karyawan yang Sering Bolos

  • Bagikan

Divisi HR bisa melakukannya dengan lebih bersahabat tapi tetap tegas. Jika masih memungkinkan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan terkait, berikan kesempatan lagi sambil terus memantaunya jadi lebih disiplin. Jika ternyata dia sudah tidak memiliki komitmen, sebaiknya dibuat kesepakatan lebih lanjut, misalnya untuk resign dalam waktu tertentu.

  1. Pahami tentang Aturan Hukum Ketenagakerjaan

Orang yang punya peran menentukan kebijakan perusahaan perlu memahami aturan hukum ketenagakerjaan agar bisa menerapkan aturan yang adil di perusahaan. Saat langkah yang dilakukan ternyata belum berhasil mengubah kebiasaan karyawan yang kurang disiplin, apa yang harus dilakukan? Pastikan untuk paham tentang hukum ketenagakerjaan secara lengkap.

Pemecatan tidak selalu baik untuk menjadi solusi atas persoalan absensi karyawan yang sering izin. Ketika sudah terbilang melampaui batas, nilai secara objektif kinerjanya untuk beberapa pekan. Karyawan yang memang sedang bermasalah pada kehadirannya, ia juga mengalami kondisi performa kerja keseluruhan yang menurun. Penilaian ini nantinya bisa jadi pertimbangan perusahaan dalam me-review kontrak pekerjaan yang sudah disepakati sebelumnya dan sudah sesuai dengan aturan hukum ketenagakerjaan.

  1. Bonus untuk Kehadiran Penuh

Tidak hanya diingatkan dengan teguran atau bahkan hukuman (punishment), adanya penghargaan atau bonus (reward) bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan karyawan. Adanya bonus untuk karyawan yang hadir penuh selama sebulan bisa menjadi hal positif karena bisa meningkatkan loyalitas karyawan.

  • Bagikan