Angka Kemiskinan di Kota Kendari Turun

  • Bagikan
Walikota Kendari Sulkarnain Kadir memberikan secara simbolis Bansos PKH di Kelurahan Anggoeya

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Angka penduduk miskin di Kota Lulo pada tahun 2021 tercatat hanya 4,87 persen. Angka itu menurun sekira 0,14 persen dari sebelumnya 5,01 persen.

Wali Kota Sulkarnain Kadir mengatakan suksesnya mengendalikan angka penduduk miskin tak lepas dari dibukanya lapangan pekerjaan diberbagai sektor. Misalnya, pada sektor konstruksi, Pemkot Kendari membuka sekira 400 lapangan kerja.

“Di masa pandemi Covid-19 kita justru mempekerjakan 400 orang dalam pembangunan Gedung Balai Kota Kendari. 70 persen diantaranya adalah pekerja lokal. Itu belum termasuk terbukanya lapangan pekerjaan di sektor lainnya. Inilah yang membuat angka kemiskinan kita menurun. Angka pengangguran terbuka juga turun dari 6 persen (2020) menjadi 5,19 persen pada tahun 2021,” ujar Wali Kota Sulkarnain kepada Kendari Pos, Minggu (11/9), kemarin.

Selain membuka ratusan lapangan pekerjaan diberbagai sektor, dan menekan angka kemiskinan tak lepas dari kerja keras Pemkot Kendari mendata dan mengusulkan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan bantuan sosial (Bansos).

Total sebanyak 50 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terakomodir dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk diusulkan sebagai penerima bansos.

“Kami sadar betul jika APBD Kota Kendari yang sekira Rp1,7 triliun tidak sepenuhnya mengakomodir seluruh warga Kota Kendari, sehingga kami memanfaatkan kebijakan pemerintah pusat melalui bansos. Inilah salah satu yang menyebabkan masyarakat rentan terselamatkan dari kondisi kemiskinan selama masa pandemi. Kami berusaha membenahi data (usulan) dengan sangat progresif,” kata Wali Kota Sulkarnain.

  • Bagikan