Tepis Perpecahan, William dan Harry Kompak Sapa Warga yang Doakan Mendiang Ratu Elizabeth I

  • Bagikan
KELUARGA KERAJAAN INGGRIS: Para putra dan menantu Raja Charles III, dari kiri, William, Cahterine, Harry, dan Meghan menyapa warga di Windsor Castle, Sabtu (10/9). (AFP)

Ini adalah kali pertama dua pasangan keluarga kerajaan tersebut terlihat berjalan bersama sejak 2020. Atau ketika suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, meninggal pada 9 April 2021. Saat itu Harry hanya datang sendirian tanpa sang istri.

Kedatangan pasangan tersebut di Inggris pun sejatinya adalah kebetulan. Mereka harus menghadiri sejumlah acara di beberapa kota di Inggris ketika berita kematian Ratu Elizabeth II mencuat. Pasangan itu rencananya tetap berada di negeri monarki konstitusional tersebut hingga seluruh prosesi pemakaman selesai.

William memberikan pidato penghormatan untuk sang nenek sebelum menemui warga yang ikut berkabung.

’’Dia berada di sisiku pada saat-saat paling bahagiaku. Dia juga berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku,’’ ujar pria yang kini bergelar Pangeran Wales itu.

Istrinya, Kate Middleton, kini menyandang gelar Putri Wales. Itu gelar serupa yang diberikan ke Putri Diana, ibu William dan Harry.

Prosesi panjang pemakaman Ratu Elizabeth II baru dimulai. Kemarin (11/9) iring-iringan peti jenazah telah meninggalkan Istana Balmoral, Skotlandia, sekitar pukul 10.00 menuju Edinburgh. Dia akan diistirahatkan di Ruang Takhta, Istana Holyroodhouse, hingga sore hari ini.

Penduduk berjajar di sepanjang jalan yang dilewati iring-iringan mobil yang membawa jenazah Ratu Elizabeth II tersebut. Mereka ingin memberikan penghormatan terakhir. Ratusan penduduk lainnya memilih bermalam di Edinburgh dan menunggu peti jenazah tiba.

Selasa (13/9) jenazah Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London. Dia akan diistirahatkan di Bow Room, Istana Buckingham. Baru pada keesokan harinya, setelah seremoni kecil, peti jenazah dipindahkan ke Westminster Hall untuk prosesi lying in state atau pembaringan kenegaraan.

  • Bagikan