Dishub Sultra Sebut Penyesaian Tarif Baru AKDP dan Angkutan Laut Diperkirakan Rampung Pekan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi kapal cepat

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Pasca pemerintah pusat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, tarif transportasi ikut melonjak.

Bukan saja angkutan darat yang kena dampak, tetapi pengguna jasa pelayanan angkutan penyeberangan laut pun ikut merasakan imbasnya.

Menyikapi kenaikan itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau perusahaan jasa angkutan tidak menaikkan tarif secara sepihak.

Kepala Dishub Sultra, Muhammad Rajulan menegaskan penyesuaian kenaikan tarif angkutan dalam provinsi tidak menaikkan secara sepihak tanpa melibatkan pihak eksekutif maupun legislatif. Saat ini, proses penyesuaian tarif angkutan tengah berjalan.

“Kami telah melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama sejumlah pihak, baik dari DPRD Sultra, kalangan penyedia jasa, maupun dari stekholder terkait lainnya. Salah satu outputnya, kami akan segera membentuk tim penetapan tarif bagi angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun angkutan laut,” beber Rajulan kemarin.

Draft penyesuaian tarif akan dikaji bersama. Jika sudah rampung, draft rancangannya akan dikonsultasikan ke Biro Umum untuk selanjutnya ditandatangani gubernur. “Kita upayakan minggu ini sudah bisa menghasilkan regulasi terkait penetapan tarif baru itu,” ujarnya optimis.

Penyesuaian tarif sambungnya, tentunya dengan berbagai perimbangan baik dari penyedia jasa angkutan laut, maupun AKDP. Sebab jangan sampai penyesuaian tarif tidak bisa menutupi biaya operasional.

“Kalau bisa penyedia jasa tidak rugi, tapi tarifnya bisa dijangkau masyarakat. Kenaikannya itu paling tinggi hampir sama dengan kenaikan harga BBM. Paling 32 persen. Jadi ini harus ditetapkan dan diterbitkan Pergub,” jelasnya.

  • Bagikan