4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online Serta Pilihan Rekomendasi Terbaiknya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Absensi online kini merupakan data yang penting yang mempunyai banyak manfaat bagi sebuah perusahaan, baik karyawan atau Anda yang memiliki perusahaan. Absensi adalah sesuatu yang tidak boleh terlupakan begitu saja.

Bagi seorang karyawan, absensi adalah tanda kehadiran bahwa mereka telah datang bekerja sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Sementara itu bagi pemilik perusahaan, absensi digunakan sebagai alat analisis untuk melihat kinerja dari setiap karyawan. Bayangkan, jika tidak ada absensi tentunya produktivitas seorang karyawan akan sulit terlihat.

Di era saat ini sudah banyak perusahaan yang meninggalkan absensi secara manual, seperti dengan kertas atau fingerprint dan beralih menggunakan absensi online yang tentunya akan lebih memudahkan karyawan untuk melakukan absen. Sebetulnya apa saja yang menjadi keuntungan sistem absensi jenis ini? Mari kita simak! 

Keuntungan Absensi Online Dibandingkan Dengan Konvensional 

  • Absensi Online

Absensi online adalah pencatatan kehadiran yang menggunakan sistem cloud dan sudah terhubung dengan database secara realtime. Sistem cloud memungkinkan penyimpanan data absensi dilakukan secara otomatis. Selain itu, data absensi ini dapat diakses di manapun dan kapanpun selama terhubung dengan koneksi internet.

  • Absensi Konvensional

Absensi konvensional adalah sistem pencatatan kehadiran dengan sistem manual, dimana sistem tidak memakai teknologi internet atau hanya menggunakan teknologi elektronik sederhana untuk pengoperasiannya.

Cara ini dianggap tidak efisien diterapkan pada perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak. Karena waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan dan memasukkan data kehadiran akan sangat banyak. Selain itu, sistem ini juga lebih berisiko terjadinya human error karena data dihitung secara manual. 

  • Bagikan