HRD Wajib Tahu Tentang Aplikasi Absen Online, Manfaat dan Rekomendasinya

  • Bagikan

Aplikasi absen online karyawan online adalah sebuah sistem yang mencatat kehadiran karyawan berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah diatur. Pada umumnya, sebuah data yang dihasilkan dari sistem absensi karyawan akan menampilkan informasi berikut:

  • Waktu datang dan waktu pulang
  • Waktu terlambat
  • Izin/Cuti
  • Dan berbagai fitur seperti remote working

Manfaat Penggunaan Aplikasi Absen Online Karyawan Online

  1. Mudah dalam Penggunaan

Manfaat aplikasi absen online dapat memberikan report data secara real time. Pengecekan data terkini absensi karyawan dapat dilakukan kapan saja, di mana saja melalui aplikasi. Sekalipun perusahaan tersebut memiliki cabang dan karyawan berada di lokasi yang berbeda-beda atau sedang remote working. Aplikasi ini juga dapat melakukan tracking terhadap beberapa karyawan yang tidak masuk tanpa sebab atau bolos, sehingga perusahaan dapat memberikan langkah lebih cepat kepada karyawan yang bersangkutan.

  1. Dapat Mencegah Lupa Absen

Jika menggunakan sistem absensi seperti fingerprint beberapa orang akan lebih mudah lupa untuk melakukan absensi saat absen masuk dan pulang kerja, sehingga absensi terlewat dan tidak terdaftar pada sistem. Oleh karena itu, beberapa karyawan yang lupa kadang akan datang kembali dan melakukan absen dengan waktu yang tidak sesuai. Jika menggunakan aplikasi, risiko kelupaan tersebut dapat diminimalisir karena karyawan bisa melakukan absensi saat jam pulang kantor lebih mudah dan cepat hanya dari aplikasi.

  1. Aplikasi Absen Online Terintegrasi dengan Payroll System

Salah satu kelebihan dari aplikasi untuk mengelola absensi adalah adanya integrasi dengan payroll system. Dengan begitu, hal seperti pembayaran gaji, pembayaran uang lembur, pembayaran BPJS dan hal-hal yang menyangkut tugas Human Resources (HR) dan finance dapat dilakukan lebih akurat. Selain itu, kemudahan lainnya yang dapat dirasakan oleh karyawan adalah bisa mempermudah karyawan untuk melakukan reimbursement, sehingga nominal reimbursement yang diberikan dapat langsung diajukan dan diproses lebih cepat.

  • Bagikan