Kanada Bersinergi Pengembangan Ekonomi Lokal pada Lima Daerah di Sultra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepemimpinan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi SH bersama Wakil Gubernur Sultra H. Lukman Abunawas, terus menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Kanada.

Hal ini diungkapkan Pj Sekda Pemerintah Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat membacakan sambutan sekaligus testimoni Gubernur Sultra, pada pertemuan penutupan National Supprot for Local Investment Climates (NSLIC) atau National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRD), belum lama ini, di Jakarta.

Dalam sambutan Gubernur Sultra yang disampaikan oleh Pj Sekdanya, hubungan baik tersebut telah terlaksana melalui kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sultra dengan Pemerintah Kanada yang sejak 30 tahun telah terjalin pada berbagai sektor.

Sektor-sektor tersebut, lanjut dia, seperti sektor pendidikan, kesehatan, penyediaan air bersih, pengembangan wilayah serta pengembangan ekonomi lokal melalui project NSLIC atau NSELRD.

“Pada Bulan September 2022, Project NSLIC/NSELRED sudah akan menyelesaikan programnya pada lima kabupaten kota di Provinsi Sultra, yaitu Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Bombana,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra kepada fajar.co.id, Minggu (2/10).

Orang nomor satu di Provinsi Sultra ini mengakui, jika project tersebut sangat membantu pemerintah daerah dan bersinergi dalam urusan pengembangan ekonomi lokal, utamanya dukungan dalam pengembangan beberapa produk unggulan daerah di 5 kabupaten/ kota, termasuk perbaikan pelayanan PTSP dan mall pelayanan publik, penguatan kapasitas OPD teknis dan UMKM atau Koperasi, serta mendorong kerjasama antar daerah dan pihak swasta, serta memfasilitasi akses pasar bagi UMKM/Koperasi baik pasar nasional maupun pasar internasional.

  • Bagikan