Kawasan Lapulu-Puday, Destinasi Wisata Baru Kendari Bakal Dibuka 9 Oktober

  • Bagikan
Kawasan kumuh seluas 15 hektar di Lapulu-Puday kini telah dipoles menjadi destinasi wisata baru. Rencananya, Pemkot Kendari akan meresmikannya tanggal 9 Oktober mendatang. MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Satu lagi destinasi wisata di Kota Kendari yang menjadi alternatif. Kurang dari sepekan, bakal hadir destinasi wisata baru. Jika tak ada kendala, penataan kawasan kumuh seluas 15 hektar di Lapulu-Puday akan dibuka mulai tanggal 9 Oktober mendatang.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan progres penataan kawasan Lapulu-Puday kini sudah mencapai 97 persen. Sebagian besar item pekerjaan telah tuntas. Hanya ada beberapa yang masih harus difinishing. Namun ia memastikan akan segera rampung.

“Insya Allah, kita undang masyarakat Kota Kendari ramai-ramai. Spot yang telah ditata ini bisa dijadikan tempat rekreasi, olahraga dan lain sebagainya. Seperti halnya wilayah lain yang telah ditata, kawasan Lapulu-Puday akan memberi dampak ekonomis bagi masyarakat sekitar,” ajak Sulkarnain Kadir kemarin.

Di tempat terpisah, Koordinator Program Kotaku Kendari La Ngkarisu mengatakan penataan kawasan Lapulu-Puday akan diresmikan sebelum jabatan Wali Kota Kendari berakhir. Makanya, pihaknya terus menggenjot pekerjaan di lapangan.

“Sudah hampir rampung. Tinggal penyelesaian saja. Secara keseluruhan, penataan kawasan kumuh itu menyerap anggaran kurang lebih Rp 54,6 miliar,” jelasnya.

Pengerjaan proyek ini kata dia, meliputi beberapa item. Diantaranya, waterfront, jalan lingkungan, tambatan perahu, drainase, resapan biopori, instalasi air bersih, instalasi hidrant hingga ruang terbuka hijau (RTH). “Kemarin, ada penambahan anggaran. Makanya, volume pekerjaannya ditambah,” ujar La Ngkarisu. (kp/fajar)

  • Bagikan