Antisipasi PMK, Pemkot Kendari Vaksin Hewan Ternak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Sebagai bagian dari antisipasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak jenis sapi. Rencananya, penyuntikan vaksin sapi akan dimulai hari ini. Untuk tahap awal, penyuntikan vaksin PMK menyasar seribu sapi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Kota Kendari Santiwati mengatakan wabah atau PMK sapi masih menjadi perhatian pemerintah. Walaupun belum ada kasus, kewaspadaan tetap harus tetap nomor satu. Makanya, pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan vaksin PMK.

“Untuk dosis I, kita kebagian seribu dosis. Kami diberikan waktu sebulan melakukan penyuntikan. Jadi, seribu dosis ini diperuntukan kepada seribu sapi,” beber Santiwati saat ditemui Kendari Pos di ruang kerjanya kemarin.

Saat ini, Distan telah membentuk tim penyuntikan vaksin. Tim terdiri dari tiga orang tim dokter hewan dibantu dengan penyuluh peternakan. Di Kendari, kurang lebih ada empat ribu sapi yang akan dilakukan vaksinasi. Namun untuk dosis pertama ini dilakukan hanya seribu sapi dulu karena dosis vaksin yang diberikan pemerintah pusat.

“Penyuntikan vaksin PMK dilakukan bertahap. Sisanya belakangan. Seperti halnya pelaksanaan vaksinasi, penyuntikan vaksin dimulai dosis I, II dan III. Jarak pemberian vaksin I ke III itu kurang lebih enam bulan. Kalau dosis I ke II, kita belum tahu berapa bulan waktunya,” jelasnya.

Beberapa hari terakhir ini, pihaknya intens melakukan sosialisasi penyuntikan vaksin sapi. Bagi warga yang ingin hewan ternaknya divaksin cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) saja. Nantinya, Distan akan menandai sapi yang sudah divaksin.

  • Bagikan