Pemkab Wakatobi Alokasikan Anggaran Rp 1,2 Miliar untuk Rehabilitasi Dermaga Waha Tomia

  • Bagikan
Pekerjaan fisik dermaga Waha di Kecamatan Tomia yang telah dimulai sejak bulan Juni lalu. Dalam kontrak, proyek tersebut akan dituntaskan November mendatang

FAJAR.CO.ID, WAKATOBI — Sejumlah infrastruktur di Wakatobi mendapatkan alokasi anggaran untuk rehabilitasi. Selain pasar dan beberapa sekolah, salah satu dermaga di Pulau Tomia, juga ditingkatkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Wakatobi tahun 2022.

Dermaga Waha Tomia direhabilitasi dengan alokasi anggaran mencapai Rp 1,2 miliar. Pekerjaan fisiknya sementara berjalan sejak Juni lalu dan proyek tersebut dipastikan akan selesai akhir tahun ini juga.

“Pekerjaan proyek ini tepatnya dilaksanakan pada tanggal 29 Juni dan targetnya harus selesai selama lima bulan. Artinya jika sesuai kontrak kerja, maka salah satu proyek dari APBD ini harus selesai pada November 2022 ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi, Hariadin, Jumat (21/10).

Sementara itu Camat Tomia, Jarmasi, juga mengungkapkan hal senda terkait adanya rehabilitasi dermaga ini.

“Iya kita beberapa bulan lalu sudah terima surat, hanya tembusan dari Dinas Perhubungan. Mengenai pengguna jasa atau pemilik kapal untuk sementara dialihkan ke dermaga lain karena Dermaga Waha akan direhab,” jelasnya, kemarin.

Dari pemantauan di lapangan, lokasi proyek khususnya jalan menuju dermaga telah dipagari dengan seng. Selain papan proyek dan material yang sejak beberapa bulan lalu telah tersedia, pekerjaan fisik juga sudah berlangsung.(kp/fajar)

  • Bagikan