BPVP Kendari Beri Pelatihan Siswa Disabilitas dalam Open House Festival Pelatihan Vokasi Sultra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari gelar kegiatan Open House Festival Pelatihan Vokasi Sultra dengan memberikan pelatihan berbasis kompetensi bagi siswa penyandang disabilitas untuk membuat anyaman dari tali rafia.

Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu ditemui ketika memantau kegiatan siswa penyandang disabilitas mengatakan, pelatihan pembuat anyaman bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas, memberikan akses dan peluang serta kesempatan terhadap suatu pekerjaan yang layak bagi penyandang disabilitas.

“Kita memiliki tugas untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat, tanpa melihat dari sisi keterbatasan yang dimiliki oleh mereka. Selagi mereka ingin terampil maka sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mengantar dan membimbing mereka agar terampil, termasuk penyandang disabilitas,”terangnya kepada fajar.co.id, Minggu (23/10).

Ia menjelaskan, dalam pelatihan yang dilakukan siswa penyandang disabilitas pada giat Open House 2022 BPVP Kendari, sebanyak 10 siswa dari Panti Sosial Sentral Meohai Kendari sangat antusias untuk memahami dan memberikan karya terbaiknya, merangkai tali rafia menjadi sebuah anyaman berupa taplak meja dan vas bunga.

“Mereka mampu memahami dengan baik pelatihan yang diberikan, terbukti dengan hasil karya mereka yang bagus-bagus. Kami sendiri melihat hal itu, sangat mengapresiasinya, apalagi ini dilakukan oleh mereka yang memiliki keterbatasan,” jelasnya.

  • Bagikan