Libatkan Lima Satgas, Polda Sultra Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Personel Gabungan Polda Sultra menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dalam rangka menghadapi bencana alam tahun 2022 di wilayah hukum Polda Sultra yang dilaksanakan di Lapangan Apel Presisi Mapolda Sultra, Senin (24/10).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Karo Ops Kombes Pol Tumpal Damayanus, S.H., M.H, diikuti personel gabungan Brimob, Polair dan Samapta.

Tumpal mengatakan apel kesiapsiagaan merupakan perwujudan kesiapsiagaan polda sultra dimana salah satu kesiapan dalam rangka operasi Aman Nusa kontijensi ke-II terkait dengan bencana alam. Sedangkan Kontinjensi adalah suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, tetapi mungkin juga tidak akan terjadi.

“Hari ini jajaran khusus polda sultra siap personel dan peralatan untuk hadapi gangguan bencana alam yang saat ini seperti banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Sultra,”tutur Kombes Tumpal.

Lanjutnya, untuk menghadapi kontijensi bencana alam polda sultra mengerahkan kekuatan 5 Satuan Tugas (Satgas) yakni satgas pencarian dan pertolongan (SAR), satgas penyelamatan, satgas dokkes, lidik sidik, serta satgas bantuan operasi.

“Jadi kami pastikan semua satgas siap untuk melaksanakan kegiatan apabila terjadi bencana alam di sultra,” pungkas perwira asal Korps Brimob Polri ini.

Tidak lupa personel Polda Sultra bersinergi dengan stakekehodler yakni dengan TNI, pemerintah daerah, BPBD dan pemerintah provinsi dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.(IMR/FNN)

  • Bagikan