Wajib Pajak Harus Tahu, Ini Jenis Pajak Tahunan Yang Perlu Dilaporkan dan Cara Mengelolanya

  • Bagikan

Contohnya yaitu untuk melindungi produksi dalam negeri, pemerintah dapat meningkatkan harga bea masuk untuk produk luar negeri.

Jadi masyarakat tidak perlu khawatir jika ada kompetisi harga dengan produk yang ada dari luar. Seperti keringanan pajak, pemerintah bisa menarik investasi modal baik dalam negeri maupun luar negeri untuk perekonomian Indonesia bisa lebih baik.

  1. Fungsi Stabilitas

Pajak dapat membuat pemerintah bisa menjalankan semua kebijakan yang ada kaitannya dengan stabilitas ekonomi. Sehingga pajak bisa berfungsi dalam mengendalikan inflasi. Pemerintah juga bisa mengatur jumlah uang yang beredar dengan pemungutan pajak atau penggunaan pajak yang efektif dan efisien.

Seiring meningkatnya pajak juga bisa membuat jumlah uang yang telah beredar menurun, jadi inflasi tidak akan terjadi. Tetapi sebaiknya apabila kondisi ekonomi negara dalam deflasi maka pemerintah bisa menurunkan pajaknya.

  1. Fungsi Pemerataan

Pajak bisa menjadi fungsi untuk memeratakan pendapatan masyarakat dengan tujuannya yaitu mensejahterakan masyarakat.

Pajak bisa digunakan bagi membiayai semua kepentingan yang ada kaitannya dengan masyarakat umum dan pembangunan.

Jadi meningkatkan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan baru, dengan adanya lapangan pekerjaan yang baru bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sebagai masyarakat Anda bisa menikmati manfaatnya. Hal seperti subsidi bahan bakar, subsidi pangan transportasi umum, fasilitas umum, lapangan pekerjaan baru dan bantuan untuk mereka yang belum memiliki pekerjaan dan penyediaan listrik.

  • Bagikan