Komitmen Kendalikan Inflasi dan Jadi Pemenang TPID Award 2022, TPID Sultra Studi ke Blitar

  • Bagikan

Sambungnya, selain itu, perluasan implementasi GNPIP di Provinsi Sulawesi Tenggara juga diwujudkan dalam Gerakan Tanam Cabe Kendalikan Inflasi (Tabe Di) yang dikolaborasikan dengan berbagai program strategis lainnya di berbagai daerah, baik Petani Millenial, Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren), Program Pengembangan Kebun Pekarangan (P2KP), Kampung Hortikultura, dan lainnya.

“Namun demikian, upaya ini masih perlu dipertajam dengan program jangka menengah dan panjang agar gejolak harga dapat diminimalisir secara konsisten. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dengan mengoptimalkan alokasi anggaran penanganan inflasi oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah, dan mengembangkan program yg efektif dan partisipatif demi mencapai ketersediaan pangan yg baik dengan harga yg stabil,”bebernya.

Kata Doni, sebagai upaya akseleratif dalam penanganan inflasi, pada tanggal 2 – 3 November 2022 TPID se-Sulawesi Tenggara melaksanakan Studi Banding ke TPID Jawa Timur (Jatim) dan Blitar yang mempunyai program-program unggul dalam pengendalian inflasi.

“Pelaksanaan Studi Banding TPID se-Sultra di Jatim diperuntukkan untuk memahami lebih lanjut Program Pengendalian Inflasi TPID Provinsi Jatim yang dinilai mampu memanfaatkan alokasi anggaran pengendalian inflasi dengan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) secara efektif, dan TPID Kabupaten Blitar yang berhasil memperoleh TPID Award 2021 sebagai salah satu Kabupaten/Kota Berprestasi melalui program ketahanan pangan pada komoditas telur ayam ras,”terangnya.

  • Bagikan