Mengenal Aplikasi HRIS dan Manfaatnya Dalam Perusahaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Human Resource Management (HRM/aplikasi HRIS) atau manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu bagian paling penting yang harus Anda perhatikan dalam perusahaan apapun. Tanpa pengelolaan SDM yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk berkembang dan mencapai objektifnya.

Mengelola SDM bukan hanya tentang memotivasi atau mendisiplinkan karyawan, tetapi juga mengembangkan dan memberikan hak mereka. 

Ada juga hal-hal lain yang perlu perusahaan kelola seperti rekrutmen dan pembayaran pajak, sehingga HRD (human resource department) membutuhkan penanganan yang intensif seperti bantuan software HRM yang solutif.

Pengelolaan SDM secara manual yang cukup merepotkan dan tidak efisien menjadi faktor perusahaan memilih beralih ke aplikasi HRIS untuk mengotomatiskan manajemen SDM mereka. 

Melakukan manajemen SDM juga dapat melalui Software Management Talent untuk memantau dan memaksimalkan efisiensi karyawan secara menyeluruh. Untuk mengetahui apa itu aplikasi HRIS secara detail, silakan baca seluruh artikel ini.

Apa Itu Aplikasi HRIS?

Untuk memahami pengertian aplikasi HRIS, Anda perlu memahami apa itu HRM karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. 

Human Resource Management atau HRM adalah praktik mengelola tenaga kerja dalam suatu organisasi untuk membantu bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif. Terkenal sebagai departemen SDM, praktik ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai objektivitas bisnis.

aplikasi HRIS (Human Resource Information System) atau yang juga dikenal sebagai Sistem HRM (Human Resource Management System) adalah perangkat lunak untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui sistem yang tersentralisasi. 

  • Bagikan

Exit mobile version