Kunker ke Sultra, Wamen Ketenagakerjaan: BPVP Kendari Solusi Bagi Calon Angkatan Kerja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI) Ir. Afriansyah Noor, M.Si memberikan apresiasi terhadap Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari atas kolaborasi dan sinergitasnya yang telah dilakukan dengan baik bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menciptakan tenaga kerja kompeten, berdaya saing serta siap pakai.

Hal ini ia ungkapkan pada giat kunjungan kerja (kunker) ke Sultra di Aula BPVP Kendari, Selasa (3/1)

“Saya berterima kasih kepada pihak Pemprov Sultra yang telah menjalin kerjasama dan kolaborasi yang baik dengan BPVP Kendari untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas,” kata Afriansyah kepada fajar.co.id.

Ia menjelaskan, peningkatan skill bagi para calon angkatan kerja sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu mengelola sumber daya alam dengan baik tanpa harus ke luar negeri.

“Saya sangat sedih jika melihat tenaga kerja kita harus ke luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi dilakukan secara ilegal. Padahal, negeri kita ini memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah ruah,”terangnya.

Kondisi tersebut, jelas dia, disebabkan kurangnya keterampilan yang dimiliki para angkatan kerja, kurangnya kesadaran dan rasa malas. Cara berpikir dan berperilaku seperti ini harus diubah, sehingga untuk bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan yang sesuai tidak perlu ke luar negeri.

“Keberadaan BPVP Kendari, mestinya menjadi solusi bagi para calon angkatan kerja, apalagi pelatihannya diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya,” jelasnya.

  • Bagikan