IKA Unhas Siap Cetak Sejuta Pelaku UMKM Tangguh di Seluruh Indonesia

  • Bagikan
Ketua Umum IKA Unhas, Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Amran Sulaiman bertekad mencetak sejuta pelaku UMKM baru, bukan hanya di Makassar, tapi juga di seluruh Indonesia.

Pengurus Pusat IKA Unhas menggelar Business Matching atau Temu Bisnis UMKM guna memperkuat posisi ekonomi maupun pasar UMKM pada Sabtu, 28 Januari 2023 di AAS Building, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Hingga Kamis malam, jumlah pendaftar mencapai 274 orang, jauh melebihi yang ditargetkan sebanyak 200 peserta.

”Kita akan cetak ratusan ribu, bahkan sejuta pelaku UMKM yang berkarakter tangguh. Kita cetak satu juta UMKM Bangkit. Bukan hanya di Sulsel tapi pada skala nasional,’’ kata Andi Amran Sulaiman (AAS), Kamis (26/1/2023).

Skema UMKM Bangkit ini sedang berproses pada kegiatan Temu Bisnis karena pelaku UMKM yang berpartisipasi akan diidentifikasi skala bisnisnya, produk, jaringan pasar, permodalan, masalah dan kendalanya lainnya.

‘’Kita akan latih dengan melibatkan alumni, perbankan dan pemerintah. Kita turun untuk kerja-kerja sosial,’’ ujar Andi Amran yang juga Founder Tiran Group itu.

Temu Bisnis UMKM kerjasama IKA Unhas dan AAS Foundation yang ditopang Tiran Group bertujuan meningkatkan kemampuan pendanaan, daya saing, membuka jaringan dan memperluas jangkauan pasar global. Bank BRI dan BJB ikut mensponsori kegiatan ini.

Seperti diketahui UMKM adalah tulang punggung ekonomi Nasional yang harus terus didorong sebagai cikal bakal untuk meningkatkan UMKM, karena kestabilan sektor ekonomi di Sulsel yang tidak pernah goyah adalah UMKM.

  • Bagikan