Bupati Konawe Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kades di SPN Anggotoa Polda Sultra, Ini Arahannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Usai resmi dilantik sebagai Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Konawe, ratusan Kades se Kabupaten Konawe mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas sebagai aparatur desa yang dibuka secara langsung oleh Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa yang juga dihadiri oleh Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa Polda Sultra Kombes Pol Jemy Junaidi, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, dan para pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Konawe.

Pelatihan peningkatan kapasitas tersebut bertempat di SPN Anggotoa Polda Sultra, Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra, Rabu (1/2).

Pelatihan bagi Kades tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari melaksanakan kewenangan yang diserahkan pemerintah pusat secara luas ke pemerintah desa sesuai dengan Undang-Undang (UU) No.6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Kepala desa harus memahami regulasi yang ada. Selain kemampuan memahami aturan, kepala desa juga dituntut mampu menghasilkan aturan dalam bentuk peraturan desa (Perdes), demi kepentingan warganya,”kata Bupati Konawe dihadapan ratusan Kades yang menjadi peserta pelatihan.

Sambungnya, dalam meningkatkan kapasitasnya para kepala desa nantinya memiliki power untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, mengangkat dan memberhentikan perangkat desa, memegang kekuasaan pengelolaan keuangan dan aset desa, menetapkan peraturan desa, menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa.

“Selanjutnya Kades harus mampu membina kehidupan masyarakat desa, membina ketenteraman dan ketertiban masyarakat desa, membina dan meningkatkan perekonomian desa serta mengintegrasikannya agar mencapai perekonomian skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat desa,”ucap Bupati.

  • Bagikan