Siapkan Tujuh Kawasan Pariwisata, Dispar Sultra Target 6,6 Juta Kunjungan Wisata

  • Bagikan
Kepulauan Wakatobi

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan perjalanan wisata nusantara di daerah ini mencapai 6,6 juta perjalanan sepanjang tahun 2023 ini.

Target ini merupakan bagian dari target nasional yang mencapai 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, Belli Tombili mengatakan, target perjananan wisnus ini merupakan bagan dari agenda Gerakan Nasional Berwisata di Indoensia Aja (Gernas BBWI) yang didorong oleh Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden mengajak kita semua untuk berwisata di dalam negeri saja. Dalam pidato beliau, secara khusus menyebut Wakatobi. Namun, kita di Sultra punya kawasan wisata lainnya yang menyanggah Wakatobi. Kita menyebutnya sebagai seven wonders Sultra, yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Sultra,” jelas Belli, Rabu, 1 Januari 2023.

Adapun ketujuh kawasan wisata itu tertuang dalam bentuk Keputusan Gubernur Nomor 310 Tahun 2022 tentang Penetapan Destinasi Pariwisata Prioritas Provinsi Sulawesi Tenggara Penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi.

Ketujuh kawasan tersebut yakni, pertama, Koridor Wisata Teluk Kendari-Toronipa-Labengki. Kedua, Benteng Keraton Wolio-Lambusango. Ketiga, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Keempat, Pulau Padamarang. kelima, Kawasan Karts Pulau Muna. Keenam, Kawasan Karts Matarombeo. Ketujuh, Kawasan mangrove Buton Utara.

Belli menjelaskan, peluang peningkatan wisatawan nusantara masih cukup tinggi, dengan memanfaatkan pangsa kelompok masyarakat dengan pengeluaran menengah atas serta kelompok masyarakat berusia muda dan dewasa.

  • Bagikan