Mentan RI Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Ketua BPK RI Haerul Saleh Laksanakan Kunker ke Kabupaten Kolaka, Ini Agendanya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KOLAKA – Agenda Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo (SYL dan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Haerul Saleh di Kabupaten Kolaka dalam rangka melakukan penanaman tanaman perkebunan di Desa Konaweeha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis, (23/2).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Kolaka H. Muhammad Jayadin mengucapkan selamat datang kepada Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Ketua BPK RI Haerul Saleh beserta rombongan yang telah berkenan melakukan kunker di Kabupaten Kolaka .

Pada kesempatan ini juga, Wakil Bupati Kolaka melaporkan bantuan peremajaan Kakao sambung pucuk mulai dari tahun 2019-2022 seluas 1554 Hektar (Ha), Kelapa seluas 100 Ha, Pala seluas 150 Ha, peremajaan kelapa sawit seluas 1943,90 Ha .

Sementara itu, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya meminta kepada Pemda Kolaka dengan dinas terkait agar membuat konsep lahan seribu hektar, yang kemudian akan dikembangkan dan dibantu Dirjen pertanian.

Untuk diketahui, selain kegiatan Kunker ini, juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian, yakni berupa benih kakao 2 ribu batangan, kelapa genjah 11 ribu batang, Tanaman pala 10 ribu batang, 5 unit traktor roda 2, 10 unit kultivator, 5 unit pompa air dan 10 unit Hand fryer, sapi 60 ekor untuk 4 kelompok, Kambing 75 ekor untuk 5 kelompok, obat-obatan, desinfektan dan vitamin untuk ternak.

Serta penyerahan Ditjen Tanaman Pangan memberikan bantuan berupa benih padi 2000 Ha sebanyak 50 ton dan 1 unit vertical dryer kapasitas 10 ton .

  • Bagikan