Perpani Sultra Siap Gelar Kejuaraan Panahan Memperebutkan Piala Gubernur dan Piala BAI, Ini Jadwalnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menyelenggarakan Kejuaraan Panahan memperebutkan Piala Gubernur Sultra dan Piala Bepeka Archery Indonesia (BAI).

Ketua Perpani Sultra, Sarjono menyampaikan, kejuaraan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 9-12 Maret 2023 di Lapangan Benu-benua Kota Kendari, serta diikuti oleh 100 lebih atlet panahan dari dan luar Sultra.

“Persiapan panitia sudah sesuai dengan progres, selanjutnya tinggal merampungkan hal-hal tehnis lainnya,” ungkap Sarjono kepada fajar.co.id, Rabu (1/3).

Sarjono mengatakan, sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bersama 13 cabor lainnya, pembinaan olahraga panahan di Sultra juga terus diarahkan secara berkelanjutan.

“Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini, lahir setelah adanya arahan dari Presiden RI Joko Widodo saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020 lalu, dimana Presiden meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem keolahragaan di Tanah Air,” kata Sarjono.

Lebih lanjut Sarjono menyampaikan, cabang olahraga panahan yang mengandalkan teknik dan akurasi bisa terus ditingkatkan untuk berprestasi lebih tinggi di Provinsi Sultra

“Sultra punya potensi calon atlet yang mengandalkan tehnik dan akurasi, jika pembinaan secara komprehensif senantiasa dilakukan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, berdasar data BPS tahun 2021, jumlah Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Sultra, yang berstatus Negeri sebanyak 2.253, Swasta sebanyak 71, dengan jumlah total sebanyak 2.324. Sedangkan siswa negeri sebanyak 286.108, swasta sebanyak 10.154, jika ditotal, keseluruhannya berjumlah 296.262 siswa.

  • Bagikan