Dispar Luncurkan Kalender Event Pariwisata 2023, Catat Tanggalnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pariwisata (Dispar) meluncurkan Kalender Event Pariwisata Sultra tahun 2023, Minggu (5/3/2023) malam.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekterariat daerah (Setda) Sultra, Suharno mengatakan, event-event yang akan dilaksanakan tentunya bisa menjadi objek untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Sultra.

“Karena multi efeknya yang luar biasa, karena tidak hanya untuk bersenang-senang saja,” katanya saat menghadiri peluncuran Kalender Event Pariwisata Sultra, bertempat di The Park Kendari.

Namun kata dia, saat ini yang masih menjadi kendala adalah terkait konektivitas khususnya transportasi udara. Hal tersebut menjadi tantangan agar bagaimana akses tersebut bisa diupayakan sehingga di event-event yang akan diselenggarakan tidak hanya untuk masyarakat Sultra tapi untuk semuanya.

Sementara itu, Kepala Dispar Sultra, Belli H Tombili, mengatakan, untuk sementara event di Sultra yang terjadwalkan sekiranya ada 72 di luar event seperti konser.

“Sebanyak dua event yang kemarin masuk di event nusantara, di tahun 2023 masuk lagi yaitu Festival Kande-kandea dan Festival Wakatobi Wave,” sebutnya.

Dari 72 event tersebut, 21 di antaranya diselenggarakan oleh Dispar Sultra, antara lain seperti Toronipa Run, Toronipa Fun Bike, dan jika dimungkinkan dalam perubahan anggaran akan diselenggarakan lagi Festival Labengki, termasuk Karnaval di Baubau akan coba dilaksanakan lagi tahun ini.

“Jadwal itu masih akan terus bertambah, karena masih banyak event yang belum terdata, terutama konser musik,” ungkap Belli.

  • Bagikan