Akibat Menabrak Karang, KM Ekspress Cantika 168 Tujuan Kendari Kandas di Perairan Pulau Hari, KPP Kerahkan 4 Kapal Penolong

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Kapal Cepat KM Ekspress Cantika 168 dengan rute Raha – Kendari kandas ditengah laut, karena menabrak karang di sekitar Perairan Pulau Hari, Kabupaten Konawe pada pukul 12.50 WITA.

Dan informasi adanya kejadian ini, dari salah satu penumpang kapal naas tersebut bernama Rafael yang melaporkan kejadian ini pada pukul 13.05 WITA ke Comm Center Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari.

“Berdasarkan laporan tersebut diatas, pada pukul 13.30 wita Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan dgn menggunakan KN SAR Pacitan dan Kapal RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak lokasi kejadian dengan Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur sekitar 12 Nautical Mile (NM),”ungkap Plt KPP Kendari, Rudi kepada fajar.co.id, Senin (14/3).

Lanjutnya, pada pukul 13.50 WITA, KM Ekspress Cantika 168 terbebas dari kandasnya dan melanjutkan pelayaran menuju Kendari.

“Pada pukul 14.00 WITA, RIB bertemu dengan KM Ekspress Cantika 168 dan mengawal kapal tersebut menuju Pelabuhan Nusantara Kendari bersama KNP 370 dan KM Prisilia 88, dan pada pukul 14.30 WITA, KM Ekspress Cantika 168 tiba di Pelabuhan Nusantara Kendari bersama seluruh penumpang dalam keadaan selamat,”jelasnya.

Sambungnya, dengan tibanya kapal KM Ekspress Cantika 168 di Pelabuhan Nusantara Kendari dalam keadaan selamat, pada pukul 15.45 WITA, Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

“Jumlah penumpang dalam kapal tersebut yakni 381 orang dengan rincian penumpang sebanyak 373 orang dan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 8 orang,”pungkasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version