Gubernur dan 15 Bupati/Wali Kota di Sultra Terima Penghargaan UHC dari Wapres Ma’ruf Amin

  • Bagikan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Rinaldi Wibisono yang ikut mendampingi Ali Mazi menerima penghargaan tersebut menyebutkan 15 bupati/ wali kota yang ikut menerima penghargaan UHC adalah Wali Kota Baubau, kemudian Bupati Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Bombana, Buton, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Muna, Muna Barat, dan Wakatobi.

Rinaldi menuturkan, capaian peserta JKN di Sultra sejalan dengan definisi UHC yaitu cakupan kepesertaan. Di mana, program JKN yang dikelola BPJS kesehatan ini memastikan seluruh penduduk, yaitu minimal 95% telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta program JKN.

“Tentu capaian ini sangat membanggakan, melihat komitmen yang besar dari pemerintah daerah terhadap jaminan kesehatan masyarakat. Kami akan bekerja keras bersama pemerintah setempat agar bisa mencapai UHC hingga 100% bagi penduduk di masyarakat Sultra.

Ditambahkan, untuk wilayah di Sultra yang belum UHC telah sampai pada tahap sinkronisasi data penduduk dengan pemerintah.

“Tahun 2023 ini kami akan berkomitmen agar bisa mencapai hasil maksimal sesuai dengan yang telah diharapkan,” pungkasnya. (BKK/fajar)

  • Bagikan