Ini Penjelasan Zat Karsinogen yang Sebabkan Pemerintah Taiwan Tarik Indomie dari Peredaran

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Pemerintah Taiwan menarik produk Indomie rasa kari ayam spesial setelah menemukan zat berbahaya yang dapat memicu kanker di dalamnya.

Hal ini berdasarkan laporan Departemen Kesehatan Taipe yang merilis dua produk mie instan yang mengandung zat karsinogen.

Tentunya kabar ini cukup mencengangkan mengingat popularitas Indomie di luar negeri cukup digandrungi. Alhasil banyak masyarakat yang khawatir dengan kabar tersebut.

Dari temuannya, Indomie rasa kari ayam spesial disebut mengandung zat karsinogen. Zat ini dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh.

Karsinogen atau karsinogenik merupakan suatu zat arau senyawa yang menyebabkan kanker. Cara kerja zat ini adalah dengan menyerang DNA secara langsung. Sehingga, akan menyebabkan terjadinya mutasi.

Karsinogen dapat diserap ke dalam tubuh dengan berbagai cara. Misalnya saja inhalis, mengonsumsinya atau eksposur.

Sebenarnya zat ini sangat mudah ditemukan dan tidak serta merta langsung memicu kanker. Terdapat beberapa faktor seperti lingkungan, dan genetik infldividu itu sendiri.

Karsinogen ini tidak hanya didapati pasa makanan. Namun, bisa berbentuk bahan kimia, virus, obat dan radiasi untuk pengobatan kanker sendiri. Karsinogen dapat mempercepat pembelahan sel, sehingga memicu adanya sel kanker.

Terkait ditariknya produk Indomie rasa kari ayam spesial, Direktur Indofood Fransiscus (Franky) Welirang angkat bicara. Dia menyebitkan mi instan yang diekspor telah memenuhi ketentuam BPOM dan BPOM negara tujuan.

“Pada prinsipnya kami mengikuti ketentuan BPOM dan ketentuan FDA dari negara-negara pengimpor produk kami,” kata Franky, dikutip dari CNN Indonesia pada Kamis (27/4/2023). (Elva/Fajar)

  • Bagikan