Tak Kunjung Rampung, Proyek Jalan Kembar Kali Kadia Bakal Dilelang Ulang

  • Bagikan
Pengerjaan inner ringroad terus dikebut, Senin (19/9). Setelah merampungkan pemasangan tiang jembatan, kini pengerjaan fokus pengecoran jalan. Sejauh ini, progres pengerjaannya telah mencapai 80 persen.

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pemkot Kendari berencana melelang kembali proyek Jalan Kembar Kali Kadia (Inner Ringroad). Itu dilakukan menyusul kontraktor sebelumnya yakni PT Istaka Karya dan PT Lisindo tak mampu menyelesaikan pekerjaan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan, pihaknya masih menunggu hasil audit dari tim pengawas untuk menghitung seluruh biaya (progres) pembangunan sebelumnya.

“Sekarang sedang dievaluasi fisiknya berapa, bobotnya berapa, sisa material mereka yang ada dilapangan berapa, itu yang harus diperhitungkan kembali. Jangan ada yang dirugikan. Misalnya sudah ada tiang pancang dilokasi (belum terpasang) ya sudah tinggal kita bayarkan,” Kata Asmawa, kemarin.

Setelah itu, lanjut Asmawa, pihaknya akan mempersiapkan proses lelang untuk melanjutkan sisa pembangunan.

“Kita syaratkan penyedia (kontraktor)-nya pertama punya material, peralatan, kemudian punya modal. Tidak bisa memakai kontraktor yang mengandalkan uang muka,” kata Asmawa.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini tak menampik jika progres pembangunan jalan kembar kali kadia lambat. Penyebabnya karena kontraktor yakni PT Istaka Karya mengalami pailit sejak tahun lalu.

Selanjutnya, kata Asmawa, PT Lisindo yang merupakan pelanjut pembangunan belum terlalu siap untuk melanjutkan mega proyek Pemkot Kendari ini. Terbukti dari pemberian kesempatan penyelesaian pekerjaan 2 x 90 hari, kontraktor masih belum memperlihatkan progres positif dalam pembangunan yang sejatinya proyek sudah rampung pada Maret 2022.

  • Bagikan