Habiskan Anggaran Rp 240 Miliar, Balai Kota Kendari Diresmikan oleh Irjen Kemendagri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke 192 Kota Kendari, Jumat (12/5)

Pada upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Kendari, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si, mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meresmikan penggunaan kantor Balai Kota Kendari.

Dalam pidato Menteri Dalam Negeri yang dibacakan inspektur upacara, memberikan apresiasi pada kinerja Pj Wali Kota Kendari di antaranya, indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Kendari yang berada pada posisi empat nasional diangka 84,51 poin.

“Hal ini didukung oleh program SD, SMP yang diberikan support oleh wali kota dengan program-program bantuan yang tepat sasaran, khususnya bagi anak-anak kurang mampu,” ungkapnya.

Angka kemiskinan 4,57 persen yang berada di bawah angka nasional 7,53 persen, penghargaan Adipura yang ke 11 kali, opini WTP sebanyak 9 kali berturut-turut.

Dari aspek pengelolaan APBD menurutnya Kota Kendari secara konsisten dan komitmen mengalokasikan anggaran untuk rakyat hal ini terlihat dari porsi anggaran (Mandatory spending) dari sektor kesehatan sebesar 22,25 persen, infrastruktur 44 persen.

“Saya harap pemenuhan anggaran tersebut berbanding lurus dengan kualitas belanja yang digunakan, jangan sampai anggaran tersebut malah bocor dan tidak dinikmati oleh masyarakat,” tegasnya.

Meskipun memberikan apresiasi, namun kata dia sejumlah tantangan masih harus dihadapi pemerintah Kota Kendari seperti laju pertumbuhan ekonomi masih di bawah angka nasional, pengendalian inflasi yang belum optimal di bulan April angka inflasi sebesar 5,51 persen di atas inflasi nasional sebesar 4,33 persen, meskipun angka itu berpengaruh besar terhadap angka transportasi udara yang mahal.

  • Bagikan