Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Wagub Lukman Abunawas Buka Empat Program Pelatihan di BPVP Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. H Lukman Abunawas SH., MH., M.Si membuka empat Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Selasa (16/5).

Empat program pelatihan yang dibuka yaitu Program Pelatihan Juru Gambar Bangunan, Barista, Asisten Pembuat Pakaian dan Asisten Hair dresser atau Kecantikan Rambut dengan peserta sebanyak 64 orang dimana setiap kejuruan diikuti 16 orang.

Wagub Sultra, H. Lukman Abunawas dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap BPVP Kendari yang terus konsisten menciptakan tenaga kerja terampil di Sultra.

“Keberadaan BPVP Kendari sangat membantu kami dalam meningkatkan sumber daya manusia di Sultra menjadi tenaga kerja terampil dan siap pakai,”ucapnya.

Ia menuturkan, program tersebut sejalan dengan program kerja Pemerintah Provinsi yang dikemas dalam Sultra Emas, meliputi Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Produktif, Sultra Beriman dan Berbudaya.

“Dari item-item itu, semua memiliki keterkaitan dengan program kerja BPVP Kendari yang memiliki visi membuat terampil dan kompeten para pencari kerja,” jelasnya.

Pemprov Sultra, jelas dia, terus memberikan dukungannya terhadap BPVP Kendari termasuk dalam menciptakan tenaga kerja yang terampil pada bidang pertambangan.

“Kita sudah hibahkan lahan ke BPVP Kendari seluas 4,6 hekatre untuk dimanfaatkan dengan baik, salah satunya membuka pelatihan alat berat untuk menjadi operator di berbagai industri pertambangan di Sultra. Pelatihan ini sangat dibutuhkan, mengingat Sultra merupakan wilayah yang potensial bidang pertambangan,” tandasnya.

  • Bagikan