268 Pecatur Se-Sultra Berlaga Dalam Turnamen Catur Hugua Cup, Hugua: Menariknya Catur, Karena Adanya Ujian Kesabaran dan Strategi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Turnamen catur Mitra Parlemen Hugua Cup I tahun 2023 diikuti sebanyak 268 peserta dari 17 kabupaten kota se-Sulawesi Tenggara, sekaligus terbesar sepanjang kegiatan catur yang diselenggarakan di daerah ini.

“Sepanjang kejuaraan catur diadakan di Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara baru kali ini pesertanya cukup banyak, dan ini luar biasa,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Sultra, Muhammad Usman di Kendari, Jumat (19/5)

Turnamen catur yang seluruhnya disponsori anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra Ir. Hugua itu, dalam rangka untuk menjalin kerjasama pembinaan generasi muda terutama di bidang olahraga catur guna mencari atlet terbaik dalam persiapan menuju kejuaraan nasional bahkan internasional.

“Jadi turnamen catur kali ini sangat luar biasa, karena pesertanya saja selain dari laki-laki yang pesertanya lebih dari 200 orang juga ada perempuan sebanyak 32 orang,” ujar Usman didampingi Wasit Nasional asal Sultra Muhammad Ali Yasin.

Ia mengatakan, turnamen catur yang diselenggarakan di Cafe X-Bro Kota Kendari, sekaligus memperebutkan hadiah sebesar Rp.50 juta dari Hugua yang juga politisi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sultra.

Usman menambahkan, turnamen olahraga catur ini juga merupakan bagian dari upaya persiapan khususnya atlet muda, untuk mengikuti pertandingan skala nasional. Seperti beberapa bulan ke depan kita akan menghadapi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Agustus 2023 di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

  • Bagikan