Tingkatkan Daya Serap Alumni Pelatihan BPVP Kendari ke Dunia Usaha dan Industri, Kepala BPVP Kendari Buka Rakor FKLPI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dalam rangka meningkatkan serapan tenaga kerja masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam dunia kerja dan industri serta berusaha secara mandiri. Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID) Provinsi Sultra kembali gelar Rapat Koordinasi (Rakor) pada tahun 2023.

Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari Dr La Ode Haji Polondu membuka kegiatan tersebut secara resmi di Claro Hotel Kendari, Sabtu (20/5).

Dalam sambutannya, Kepala BPVP Kendari ini menuturkan, keberadaan FKLPID Sultra merupakan bagian penting sebagai penunjang keberhasilan BPVP Kendari untuk menyerap tenaga kerja, terutama alumni pelatihan BPVP Kendari.

“Serapan alumni pelatihan kita cukup masif melalui bantuan FKLPI Sultra dan kami sangat mengapresiasi itu,”ucapnya.

Ia menjelaskan, semua itu berkat kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, termasuk keberadaan BPVP Kendari yang saat ini lahannya bertambah luas menjadi 6,73 hektare, kemudian bantuan alat berat dari PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) sebanyak 7 unit dengan total anggaran Rp 10 miliar.

“Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) di Baubau, melalui kolaborasi yang baik alumni pelatihan BPVP Kendari mendapatkan bantuan alat dan bahan untuk berwirausaha mendiri dari PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Baubau, begitu juga dengan alumni pelatihan di Kabupaten Konawe Utara (Konut), para alumni mendapatkan bantuan alat dan bahan dari Bupati Konut serta dukungan biaya transportasi bagi siswa pelatihan peningkatan produktivitas dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultra,” jelasnya.

  • Bagikan